Website ini menggunakan Cookies. Cek Privacy Policy

PSP - [JAP] Phantasy Star Portable 2 Infinity : Awakening of an Angel

/
0 Comments


Phantasy Star Portable 2 Infinity merupakan expansi dari seri Phantasy Star berjudul Phantasy Star Portable 2. Phantasy Star Portable 2 Infinity berisi segala sesuatu yang ada di Phantasy Star Portable 2 dengan tambahan lanjutan story, yaitu Episode 2, dan juga tambahan fitur lainnya, seperti tambahan costum, map, free mision dan infinity mission, dan juga tambahan equipment.

[TGS2010] PHANTASY STAR PORTABLE 2 INFINITY - PV by nanamitube さんのチャンネル
Phantasy Star Portable 2 Infinity melanjutkan story dari Phantasy Star Portable 2. Kronologi Episode 2 yaitu 1 tahun setelah Episode 1 berakhir, dimulai dengan munculnya wanita ras Duman yang misterius.

Episode 2 yang baru bisa dimainkan di Phantasy Star Portable 2 Infinity

Episode 1 juga bisa dimainkan di Phantasy Star Portable 2 Infinity, sehingga player tidak perlu memainkan Phantasy Star Portable 2 dahulu sebelum melanjutkan ke Phantasy Star Portable 2 Infinity, namun player sudah langsung dapat menikmati tambahan fitur yang ada di Phantasy Star Portable 2 Infinity. Seperti Episode 1, sequelnya Episode 2 pun memiliki multiple Ending.

Sama seperti Phantasy Star Series lainnya, gameplay Phantasy Star Portable 2 Infinity tidak berubah, masih berupa third player view action. Player bisa memilih menjadi ras Human, Newman, Cast, Beast, dan juga ras yang baru ada di Phantasy Star Portable 2 Infinity, yaitu ras Duman. Story nya dikemas menggunakan type Visual Novel dan juga explorasi ke dungeon dalam mode third person. 

Tipe Visual Novel memberi keunikan pada Story Phantasy Star Portable 2 Infinity
Ras Duman memiliki Atk sekuat Beast, Force sekuat Newman, dan Acc sekuat Cast, sehingga cocok untuk mengunakan weapon apapun, namun kelemahannya ada pada defence yang paling rendah dibanding ras lain, sehingga memunculkan julukan "Glass Cannon". Ciri lain dari ras Duman ialah sebelah matanya selalu ditutup.

Loli Duman...!!! ^^
Player juga memilih untuk menjadi job Hunter, Ranger, Force dan Braver/Vanguard, yang nanti bisa player ubah sesuka hati di Shop. Tiap job memiliki ability masing-masing yang bisa di equip sesuai jumlah slot yang dimiliki. Ada juga ability-ability yang bisa di equip oleh job lain, sehingga Player tidak akan merasa rugi untuk memaksimumkan semua job level.

Empat Job yang bisa player pilih
Weapon yang bisa di equip juga sangat banyak, dimana weapon dibagi kedalam tipe, seperti Twin gun, Dual Claw, Twin Saber, Double Saber, 1 handed Saber, Sword(2handed), dll. Tiap tipe Weapon, memiliki Grade masing-masing, mulai dari Grade C sampai S, dimana walaupun dua senjata memiliki Grade yang sama, baik Atk, elemen, maupun bentuknya bisa berbeda.

Pada awalnya tiap job sudah di set dengan weapon apa saja yang bisa di equip, namun hal ini bisa player ubah sesuka hati sesuai dengan poin yang dimiliki player. Hanya saja untuk memilih weapon yang bisa di equip yang tidak berhubungan langsung dengan job, player diharusnya menggunakan poin lebih banyak. Misalnya untuk job hunter, agar bisa mengequip senjata tipe Twin Gun grade C player hanya membutuhkan 50 poin, tapi untuk bisa mengequip Sword grade C dibutuhkan 100 poin.

Ada cukup banyak misi yang bisa dijalankan player. Misi itu dibagi kedalam Story Mission, Free Mission, Extra Mission (DLC), Trade Mission, Infinity Mission, dan Tactical Mission. Infinity Mission merupakan fitur baru di Phantasy Star Portable 2 Infinity yang tidak ada pada Phantasy Star Portable 2. Infinity Mission ialah misi yang Player bisa edit sesuka hati mulai dari type monsternya, areanya, Bossnya, dan juga buff Bonus Missionnya. 

Monster yang bisa dilawan pun seperti ciri khas Phantasy Star, ada yang berukuran kecil seperti pinguin sampai Boss berukuran besar dengan bagian-bagian yang bisa dihancurkan seperti Dual Head Dragon dan Mother Brain.
Anda berani melawan Dual Head Dragon ?
Hanya saja sama seperti pendahulunya, Phantasy Star Portable 2 Infinity juga merupakan mission based hunting dimana lvl dan equip akan sangat berpengaruh, sehingga  walau tidak perlu sering dilakukan, grinding tetap diperlukan. Namun apabila Player hanya mengejar Storynya saja, grinding hampir tidak perlu dilakukan, kecuali untuk mencari Equip yang bagus. Alasannya lvl untuk bisa menamatkan Story tidak perlu terlalu tinggi. 

Daku dengan lvl 70, bisa menamatkan Normal Story Mission Episode 1 dengan cukup mudah, dan lvl itu Daku dapat 80% dari Story Mission, dan sisanya dari grinding ringan untuk mencari equip.

Selain itu, dibandingkan dengan seri sebelumnya, Phantasy Star Portable 2, Phantasy Star Portable 2 Infinity tidak memiliki versi Eng dan hanya ada versi JAP. Walau begitu sudah ada yang menranslate Story Episode 2 juga menu dari Phantasy Star Portable 2 Infinity dan merangkumnya menjadi sebuah Guide, dengan nickname DeviFoxx. Usaha membuat Patch Eng juga sudah mulai dilakukan dengan base translasi Phantasy Star Portable 2 untuk episode 1 dan Guide DeviFoxx untuk Episode 2, namun mereka belum mengeluarkan satu versi patch pun. 

Untuk Player yang ingin memainkan Episode 1 tapi tidak mau ribet bermain sambil membaca Guide, Daku menyarankan untuk bermain Phantasy Star Portable 2 USA dahulu. Setelah beres, baru mulai memainkan Phantasy Star Portable 2 Infinity dan mengimport character dari Phantasy Star Portable 2 USA. Kelemahan dari cara ini, Player tidak bisa menggunakan Ras Duman, maks job lvl hanya 30, dan fitur lainnya tidak akan Player rasakan sebelum pindah ke Phantasy Star Portable 2 Infinity.

Kesimpulannya, tambahan dari Phantasy Star Portable 2 Infinity berupa lanjutan Story Episode 2, tambahan equip, misi, dll, membuat Daku merekomendasikan Phantasy Star Portable 2 Infinity. Hanya saja permasalahannya terdapat pada sistem Grinding dan juga Bahasa Jepang membuat Daku lebih menyarankan Phantasy Star Portable 2 Infinity untuk orang yang cukup sabar dan diiringi membaca Guide DeviFoxx.

Pros :
  • Third Person View Action
  • Story yang dikemas dengan bentuk Visual Novel
  • Banyaknya equipment dan misi
  • Monster yang beragam

Cons :
  • Bahasa Jepang, namun ada Guide berbahasa Inggris yang sudah sangat membantu milik DeviFoxx
  • Grinding tidak diperlukan untuk Story Mission, tapi sangat diperlukan untuk mendapat equip Grade S yang berasal dari monster lvl tinggi
  • Selain Story Mission, misi lvl tinggi lainnya lebih cocok dimainkan secara multiplayer, sehingga cukup membebani Solo Player.

Link :



You may also like

Tidak ada komentar :