Website ini menggunakan Cookies. Cek Privacy Policy

PSP - [JAP] Frontier Gate Boost Plus : RPG mirip FF dengan sensasi Monster Hunter

/
0 Comments
FGBP Main head


[Jap] Frontier Gate Boost Plus ialah expansi dari game RPG PSP Frontier Gate, dengan tambahan fitur-fitur baru, seperti sistem baru "skill boost", peningkatan max lvl, penambahan area dan equip, dan juga penambahan event partner dengan scenario yang baru.


Kisah dimulai dengan kedatangan player ke Kota Frontier, kota dimana para pejuang berusaha untuk mendapat gelar "英雄" (Jap. Eiyuu: pahlawan). Player pun lalu mendaftar ke Guild untuk menjadi penduduk di Frontier dan berjuang untuk mencapai gelar pahlawan.

Pada FMV nya sendiri diperlihatkan ada dua orang pejuang yang bertarung, namun kemudian gugur. Keduanya merupakan Pahlawan yang berasal dari kota Frontier. Untuk mengenang pahlawan mereka, patungnya kemudian dibangun di tengah kota Frontier.




Official Trailer Frontier Gate Boost +
btw daku bukan pemilik video ini

Kurang lebih seperti itulah prolog dari game Frontier Gate ini. Frontier Gate sendiri memiliki gameplay mirip gabungan dari RPG Final Fantasy dan Monster Hunter. Ia memiliki sistem quest dengan mengambil misi di Guild kemudian keluar kota menuju area misi seperti game Monster Hunter. Misinya terdiri atas main story mission bertanda bendera biru, normal mission, dan character specific mission bertanda bendera biru, namun hanya bisa diikuti partner tertentu. Misi itu juga terbagi ke dalam misi membunuh monster tertentu, pencarian orang, gathering item tertentu, dan misi untuk pergi ke daerah selanjutnya (misi untuk membuka area baru).

Player memiliki party yang terdiri dari dua orang, dan ada 15 karakter yang bisa diperoleh untuk dijadikan partner, mulai dari seorang 2 handed swordman yang bermimpi untuk menjadi pahlawan hingga seorang samurai yang berusaha kembali ke negrinya. Tiap-tiap partner ini memiliki kisah dan event masing-masing.

Guild dan Guild Master, tempat kita mengambil misi

Suasana dalam dunia Frontier Gate mirip dengan Monster Hunter, namun juga diliputi oleh bangunan bernuansa Eropa abad pertengahan. Equipmentnya pun memiliki nuansa prajurit atau ksatria eropa, ditambah dengan equip-equip lain bernuansa asia.

Patung pahlawan dan Gedung Blacksmith

Selain suasana kota yang indah, suasana di area misi pun tak kalah indah. Area misi terbagi dalam beberapa area. Lokasinya mulai dari Jalan di dekat kota Frontier, hingga area pegunungan dan padang salju. Monster yang ada juga berbeda di tiap area. Yang pasti suasana di game Frontier Gate merupakan salah satu alasan daku memainkan game ini.

Selfie di Gunung Toururutou ^^
Equipment yang ada di game ini, tidak jauh berbeda dengan game-game RPG lainnya. Equip dibagi kedalam senjata, perisai, armor helm, badan, celana, tangan dan sepatu. Senjata dibagi ke dalam sebelas tipe, yaitu 1 anded sword, 2 handed sword, Spear, Bow, Crossbow, Dual sword, Katana, Light Strike (Mace / Rod / Staff), Warfist, Heavy Strike (Axe / Hammer / Scythe), dan War Shield. Tiap-tiap senjata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Senjata yang menggunakan kedua tangan seperti 2 handed sword dan warfist tidak dapat menggunakan perisai. namun mereka memiliki kelebihan seperti atk yang lebih besar atau kritikal yang lebih tinggi. Equip partner juga bisa diubah sebagai selayaknya karakter player.



Namun berbeda dengan game RPG lainnya, equip di Frontier Gate memiliki stats yang tidak berbeda dengan equip lain yang sejenis. Dual sword yang satu dengan dual sword yang lain memiliki stats yang sama, walau berbeda bentuk. Stats itu sendiri bisa kita naikkan dengan menempanya di blacksmith, hingga ranknya naik, dimana rank itu juga menentukan skill pasif yang aktif. Kita juga bisa mengubah bentuk equip kita di blacksmith, yang menghasilkan equip dengan bentuk/warna berbeda, dan terkadang memiliki elemen tambahan. Dengan begitu player bisa mengequip dengan bentuk yang diinginkannya, tanpa perlu memikirkan stats yang dimiliki equip itu. Walau begitu rank senjata lebih baik segera ditingkatkan untuk mempermudah dalam battle. 

Sistem Battle dalam game ini seperti sistem battle Final Fantasy, dimana saat kita bersentuhan dengan musuh, kita akan berpindah area. Serangan magic pun ada, namun tidak ada sistem MP/magic point. Sistem battle di Frontier Gate menggunakan AP (Action Poin), dimana tiap serangan memiliki kebutuhan AP masing-masing, mulai dari 1 AP hingga 10 AP. Jumlah AP yang dimiliki player ditentukan dari Frontier Level dari partner, yang hanya bisa ditingkatkan dengan misi khusus yang muncul seiring dengan story progressnya partner tersebut. 

Battle !!!
Bagiku musik dan sound effect dari game ini terdengar indah walau sudah didengar berulang-ulang. BGM yang ceria saat di kota, dan BGM yang bersemangat saat battle, menambah keindahan yang sudah ada di game ini.

Walau dengan berbagai keindahan itu, game ini juga memiliki kekurangan. Game ini tidak cocok untuk dimainkan oleh orang yang gampang bosan, karena cycle dari game ini tidak jauh dengan Monster Hunter, yaitu persiapan>ambil misi>jalankan misi>kembali ke kota>keliling untuk melihat apa ada event/char baru>persiapan>ambil misi>dst...
Sistem equip yang membuat equip sejenis memiliki stats yang sama juga menuntuk player untuk grinding level dan farming barang untuk menaikan rank equip. Walau monster akan respawn saat player berpindah area, player tetap akan dipaksa melakukan quest berulang-ulang untuk mendapatkan item drop dari boss monster.

Namun dari semua itu, hal yang paling menyulitkan player ialah apabila player tidak bisa berbahasa Jepang, karena game ini menggunakan Bahasa Jepang, dan hingga saat ini tidak ada versi Inggris dari game ini. Patch Inggris game ini juga belum ada. 

Namun ada blog berjudul Frontier Gate Boost Plus Image Guide yang dibuat oleh Cursed Kaiser, yang berisi Image Guide dari game ini. Walau tidak  berisi guide secara menyeluruh, image guide ini sudah cukup membantu player dalam menamatkan game ini. Hanya saja bagi daku, player tetap butuh sedikit kemampuan Bahasa Jepang untuk menikmati story game ini.

Kesimpulannya Frontier Gate Boost merupakan game yang direkomendasikan untuk dimainkan. Selain suasana yang indah, keunikan sistem battle dan sistem equip juga menambah sensasi dalam memainkan game ini. Walau begitu dibutuhkan kesabaran dalam memainkan game ini karena sifat gamenya yang repetitif.

Pro :
  • Suasana dan musik yang indah
  • Sistem battle Japan RPG
  • Sistem equip yang unik yang memberikan kebebasan untuk mengkostumisasi karakter player dan partner
Cons :
  • Sistem yang repetitif
  • Dibutuhkan kesabaran untuk grinding dan farming
  • Bahasa nya Jepang dan tidak ada versi Inggris maupun Patch Inggris


Link :



You may also like

Tidak ada komentar :